Minggu, 04 Januari 2015

KHAWATIR

Ini neh yang gw khawatirksn, pas gw masuk bangku sekolah kelas 2 SMP awal, sempet gw gak nyangka kalau kakek dari babeh mau meninggal, gw kira panjang umur, soalnya doi sehat, dan ternyata sakit yang gw gak paham itu sakit apa, kakek gw manja banget sama nenek, apa apa mau sama nenek, yah gw sebagai cucu gak nyangka aja tuh doi bakalan gak lama lagi umurnya, cuman yah sakit pinggang aja dipijit pengennya tiap hari ama nenek, ekh tau tau meninggal, gw lihat banget proses dimana kakek meninggal sampai gw nyari orang buat dateng kerumah, ternyata pas gw nyari orang udeh brujul aja muncul, gak sempet gw minta maaf sama kakek, disana gw masih biasa aja keles, gw ngerasa yah kehendak tuhan kali ya kalau kakek gw kudu dan harus dicabut nyawanya pada waktu itu, gw belum bersedih disana lagian ngelihat nenek gw juga tegar amat, tapi setelah malem tiba keluarga semua dateng gak nyangka gw kalau nenek bakalan teriak, gw panik nenek teriak semua juga langsung meluk termasuk gw meluk sambil nangis, dan ternyata emang disaat itu juga pelukan terkahir gw buat nenek, gw ternyata gak lama dari sana wjaib banget pisah sama nenek, ya comeback istilahnya gw balik kepelukan ema gw alias ibu, serasa bersalah gw ninggalin nenek cuman ya gw kan harus ngelanjutin juga perjuangan sekolah gw, gak lama dari sana nenek dari ibu sakit dia kena struk, gw kaget matanya udeh kayak juling, ternyata nenek sembuh, pas sembuh tangannya kena struk gak lama juga tangan nenek sembuh, ekh pas nenek sama nenek buyut gw ber2 dirumah ternyata nenek jatuh dikebun dan alhasil kakinya mati gak bisa digerakin, dari sana lah awal nenek gw sakit 3thn tanpa bisa apa apa, gw sedih banget disana semuanya satu persatu menurut gw pergi, tapi ternyata 2bln kepergian kakek gw dari bokap, kakaknya kakek yang cwe minggal tanpa sebab dan gak ada yang tau, dia murni banget meninggal nya pas tidur, keluarga babeh gw ya berduka lagi, yang sakit siapa yang meninggal siapa,,, balik lagi kecerita nenek gw dari ibu, dia sakit 1thn kemudia struknya makin parah gak bisa jln, jln kudu dikursi roda, ceritanya mantan suami nenek gw, tuh kakek bapaknya ibu gw nengok, wooy gak nyangka tuh nenek ceria banget dan berharap kayaknya balikan lagi sama kakek gw, semangat disana nenek gw belajar buat jln, beliau makin mendekati sehatlah menurut gw, tapi ternyata gak lama dari sana usahanya babeh bangkrut, semua kehendak allah kali ya kudu dasarnya gitu dulu, ibu dan babeh gak tahan kayaknya buat tinggal dirumah, akhirnya ortu dan nenek pulang ke kampungnya nenek gw mereka tinggal disana, gak lama kemudian mungkin kira kira 3bln setelah pindah kerumah nenek, gw masuk SMA ceritanya, yah disana gw gak bisa masuk sekolah favorit ceritanya karena keadaan keluarga gw kena bangkrut, alhasil gw masuk sekolah lingkungan tapi itu sekolah juaara menurut gw dengan luasnya 6hektar, gak nyesel gw daftar kesana walaupun bukan sekolah favorit, baru aja mau daftar, ada tamu malem malem gw kira siapa, ternyata omnya ibu gw dari babehnya, dia ngabarin kabar yang gak enak gw denger, kakeh gw bapaknya ema gw alias nyokap meninggal, dan ceritanya udeh dikebumiin, bener bener kalau kata gw, nyokap aja gak tau malah udeh dikebumiin aja, nyokap kesel dan sedih beratlah disana karena bukan apa apa juga ya diakan anak tunggal dari babehnya, nyokap bener bener waktu itu kayak orang yang gimana, nenek juga nangis sebagai mantan istrinya dan nenek sakit lagi malahan, yah elah padahal itu doi semangat sembuh buat ada niat balikan lagi sama kakek gw, smua udeh kehendak tuhan lagi, gw daftar kesekolah baru sekaligus ke ke kuburan kakek gw, kasian ibu gw, dia kehilangan bapak dan juga ngelihat ibunya yang sakit, gak lama cerita dari kakek gw dari ibu, akhirnya 4 atau 5bln kemudian buyut cwo gw alias kakeknya nyokap sakit kaki katanya, maghrib maghrib semua keluarga ngumpul dirumah buyut, cuman gw sama nenek yang dirumah nenek karena nenek sakit jadi gw nungguin nenek, nenek sama gw masih haha hihi ekh ada tamu lagi kerumah gak ngenakin hati lagi, dia ceritanya mau ngelayad nenek gw, dikira yang meninggal nenek gw, ternyata buyut gw meninggal, nenek gw langsung shock, yah gw sebagai cucu ngehibur dia dan bilang kalau buyut cuman sakit kaki, tapi ternyata iya buyut gw langsung dari sakit kaki itu, dia meninggal sekitar jam 8 malam kurang, ini semua udeh kehendak tuhan lagi yah, akhirnya nenek gak lekas sembuh makin hari makin parah, dia sering dirawat kanan kiri, yang getol ngerawat ya nyokap, buyut gw cwe ibunya nenek gw dan adiknya nenek gw, meereka rutin siang dan malam ngerawat nenek, dan gw ceritanya kelas 3 SMA hampir pelulusan neh gw yang udeh siap siap mau masuk perguruan tinggi ngejar ini itu, dan bokap pindah kerja ke Purwakarta, nyokap pun akhirnya pindah mereka nyari rumah kontrakan dulu sebelum beli rumah, akhirnya mereka cocok dikota tersebut dan nenek ditinggal gak lama nenek ditinggal dan gw juga pindah kost ceritanya, nenek gw meninggal, kaasian ibu gw udeh ditinggal bokapnya sekarang nyokapnya dan gak pernah sampai doai nganter ortunya pulang kembali ke Maha Penciptanya, tapi gw bersyukur nyokap masih bisa ikut nyolatin nenek gw dan ngelihat wajahnya dulu, gimanapun juga nyokap anaknya ya harus ditungguin dulu, akhirnya keluarga kita menjalani rutinitas seperti biasa setelah ini, gw lulus sekolah dan masuk perguruan tinggi yang sebelumnya sempet gw gak mau kuliah, tapi aba boleh dikata ortu udeh nuntut gw kejalan sampai kayak gini, akhirnya gw kuliah, 2thn berlanjut kuliah gw dapet kabar kalau adiknya nenek gw alias tantenya nyokap sakit polip dan anehnya polop itu sampai gak bisa bicara dan lama lama gak bisa jln, yang kasian banget gw disini itu nenek suka jatuh jatuh dia mau belajar jln terus mungkin bete di tempat tidur, kepala dan semua organ tubuhnya udeh biasa berdarah tapi sayang dia mati rasa, jadi gak kerasa apa apa sekalipun mungkin jatuh dari lanta 20 istilahnya, akhirnya yah nenek tante ibu itu cuman bisa tidur ditempat tidur, berobat sana sini dibawa sana sini tetp aja kalau gak ada keinginan untuk sembuh dari dirinya gak bisa sembuh, akhirnya yah bener bener total gak bisa apa apa, kasian gw ngenes banget ngelihatnya, 1thn lebih kemudian tuh nenek sakit akhirnya gw denger kabar lagi dari buyut perempuan gw yang sakit dan cuman 1bln lebih beliau sakit langsung meninggal dan gw sedih banget itu sobat gw waktu TK Beliau yang suka ngurusin gw, dan emang temen deket ibu juga sekaligus neneknya yang mungkin udeh dianggap sebgai ibunya, kita semua disana berduka ini orang tua yang terakhir pergi, dan setelah ini berita dari keluarga ibu gw lagi kalau pamannya ibu dari bapaknya meninggal setelah 3bln kepergian buyut cwe gw, setau gw beliau gak sakit dulu tapi udeh kehendak allah lagi ini, ya kita semua berangkat kesana, dan emang bener udeh gak ada, gw lihat ibu gw lagi yang sedih ditinggal kiri kanan keluarganya, akhirnya berlanjut sampai lebaran kemarin 2014 masih ada tante ibu yang sakit itu, kita masih kumpul masih bisa ketawa bareng, 2bln setelah lebaran nenek gw yang itu meninggal juga, ambruklah ibu gw udeh gak ada orangtuanya sama sekali, semua berduka gw juga balik dan ini yang pertaama gw lihat cara pemakaman sampai dibukakan kain kafannya gw lihat, biasanya gw dikeluarga cuman ikut yasinan, shalat dan mandiin, sekarang gw tau cara nguburin dikebumiin tuh kayak apa, ternyata manusia memang balik lagi ke tanah, disana semua berduka dan gw balik ke pwk, 2bln kemudian istri dari pamannya ibu gw keluarga besar dari kakek meninggal, lah gw kaget dong secara pas kita dijawa ngelayad kakek sebelah pamannya ibu gw, gw masih bercanda sama beliau, semua emang kehendak allah gw gak percaya, ditambah gw gak percaya kabar setelah ini 1bln kemarin tepatnya minggu 04 januari 2015 keluarga gw hening dan gak asik banget kabar ini dateng dari menantunya nenek gw tante ibu gw yang 3bln sebelum ini meninggal, gw makin kaget itu tante itu meninggal di usia yang masih muda dibawah 40 thn ninggalin suami 1 dan anak gadis 1 berusia 12 thn, ngenes gw karena gw suka bercanda sama dia, allah itu adil cara dicabutnya ya dia cuman sakit lambung dan sesek nafas dibawa kerumah sakit gak lama hitungan jam beliau meninggal, untuk yang ini keluarga kecil gw ya ortu dan gw gak bisa pergi kesana, karena itu tante dibawa ke ortunya dan dikebumiin di ortunya dan ya semua dadakan beliau dikebumiin minggu pagi sedangkan kita senin udeh mulai beraktifitas, semua udeh jlnnya, paman keponakan ibu gw udeh kehilangan ibunya dan istrinya, ya sedih kayaknya mana gw lihat sebelum lebaran paman murung dan kurus banget, gw lihat beliau tua padahal sama ibu gw cuman beda 4thn lebih tuaan ibu gw, tapi semua jlnnya ya, sepupu gw ditinggal emangnya pergi di usia yang relatif muda dan dia lagi butuh sosok ibu banget, sayanya dia cuman anak satu satunya lagi, gw gak kebayang kalau gw yang ngalamin itu semua gak sanggup gw, ini yang gw khawatirkan keluarga gw meninggal rata rata di umur masih muda 60thn, yah semoga gw sama keluarga panjang umur dan diberikan kesehatan, meninggalpun karena jln allah dan secar wajar gak sakkit dulu,,, buat ibu gw yang tabah bu, gw malahan mau ngasih jempol 1000 kalau ada buat ibu gw, mungkin hatinya sedih tapi apa mau dikata, beliau bisa tegar didepan kita, gak tau kalau dibelakang kita,semoga barokah, berkah serta gak sia sia selama kita hidup di dunia, dan gw bisa mengabdi buat keluarga termasuk ibu gw, gw gak mau jadi anak yang memang dijauhkan dari ibu gw karena itu bisa menghambat semua perjalanan gw di dunia maupun di akherat kelak, dan sekarang gw pengen allah senantiasa menjaga keluarga kecil gw, cuman mereka yang suport dan bimbing gw selama ini, I LOVE YOU MY LITLE FAMILY.....